ShoutMix chat widget
THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES
W3LCOM3 TO MY SW33T HOM3...T3NK YU
Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers
Lilypie - Personal pictureLilypie Third Birthday tickers

H4D1ST C3RMIN S4UD4R4

Photobucket

Jumat, 28 Agustus 2009

puasa yang sempurna

salam..
pakabar fren..sehat semuakan?? Tentu ya fren. Apalagi masih dalam suasana bulan yang penuh barokah ini, pasti kite semua kudu telaten dalam menjaga kesehatan, iya kagak ????
Soale kalo body kite atit, ntar kite nye yang rugi betul gak? (betul..betul..betul.. ^_^).
fren, tentu kite semue pengen puasa kite di bulan ramadhan ini menjadi sempurna ya kan? Dan untuk membentuk puasa yang sempurne seperti kite harapkan tentu na ada langkah2 yang kudu kite lakukan untuk menyempurnakan sesuai dengan petunjuknye, setuju kagak? (setuju..setuju..setuju...).



1. makan sahur.
Karena dengan sahur kite dapat membantu menguatkan fisik kite selame berpuase, sabde Rasulullah saw:

“Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat barakah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

“Bantulah (kekuatan fisikmu) untuk berpuasa di siang hari dengan makan sahur, dan untuk shalat malam dengan tidur siang.” (HR. Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya).

Nah,kan fren ternyata sahur tu perlu banget buat fisik kite n ga cume ntu aza fren ternyata di balik ntu malah ada berkahnye. Duh... sapa sih kagak mau dapetin yang namanye berkah fren. Karena ntu meskipun mate kite masih ngantuk disaat waktunye udah memerintahkan kite untuk sahur, kite mesti kudu lawan rasa kantuk ntu fren. Jangan mau di perbudak ma rasa kantuk ntu fren. Memang awalnya melawan rasa kantuk ntu berat fren, namun semua ntu bisa kite lakukan bile kite ade kemauan untuk berusaha, tul kagak??? Ada juga neh sebahagian orang2 karena ngantuk, malas untuk beranjak dari kasurnye. Dan lebih memilih melanjutkan bobonya daripada sahur. Bukankah itu namanye sengaja kagak mau sahur. Kalo kek gini modelnya fren, penyakit akan senang hati bertamu ke tubuh kite. Ujung2nye kita jadi kagak bisa puase gara2 sakit, rugikan fren??? So, mulai sekarang kite jangan menganggap enteng ma yang nama nye sahur ya fren ^_*.

2. Berbuka puasa.
Fren, kalo matahari udah benar-benar tenggelam ntu menunjukkan bahwa waktu untuk berbuka telah datang, dan kite mesti berhenti dari segala aktifitas kite untuk segera berbuka dan kagak boleh lagi di lambat2in waktunye fren. Soale sabda Rasulullah saw:

“Manusia senantiasa dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur.” (HR. Al-Bukhari, Muslim dan At-Tirmidzi).

3. Usahakan mandi dari hadast besar sebelum terbit fajar. Biar kite bisa melakukan ibadah dalam keadaan suci.

4. Manfaatkan ramadhan dengan sebaik2nya kayak mengaji. Karena bulan ramadhan adalah bulan Al-qur'an.
Nah, fren. Yuk...kite rame2 lawan rasa malas yang menghantui diri kite untuk selalu membaca Al-qur'an. Yang namanye manusia, mank rasa malas tuh pasti ade fren. Cuma semua ntu tergantung bagaimana kita menyikapinye. Mau di turuti atau di lawan. Kalo untuk kebaikkan nape kite kagak mau berusaha fren tul kagak???? Sabda Rasulullah saw:

"Sesungguhnya Jibril alaihis salam pada setiap malam di bulan Ramadhan selalu menemui Nabi untuk membacakan Al-Qur’an baginya". (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas).

5. Menjaga lisan.
Manusia mank untuk menjaga lisan rada2 susah, bener kagak??? Malah terkadang ada juga manusia kalo ngomong asal bunyi tanpe menjaga perasaan orang lain ya kan??? Dan kagak di bulan barakah ini aza kite kudu menjaga lisan kite, tapi di bulan-bulan lain juga kite kudu jaga fren. Apalagi dari yang namanye dusta, menggunjing, mengadu domba, olok mengolok, dan perkataan yang mengade-ngade. Soale dampaknya bisa berakhir DANGER banget fren. Hanya saje di bulan ini sangat di wajibkan daripada bulan-bulan yang lain supaya puasa yang udah kite jalani kagak batal karena lisan kite sendiri fren. Sabde Rasulullah saw:

“Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta maka Allah tidak butuh terhadap puasanya (menahan) dari makan dan minum.” (HR. Al-Bukhari).

6. Dapat menahan kebiasaan kite.
Maksudnye ntu marah n kesel. Di bulan ramadhan ini kite kudu wajib bisa mengontrol n menahan rasa marah n kesel. Di sinilah kesempatan kite untuk melatih dan mengajari diri kite untuk selalu bersikap sabar dalam menghadapi masalah baik itu kecil atau besar, termasuk terhadap orang yang mau atau telah berbuat jahat ame kite.

“Puasa adalah perisai, bila suatu hari seseorang dari kamu berpuasa, hendaknya ia tidakn berkata buruk dan berteriak-teriak. Bila seseorang menghina atau mencacinya, hendaknya ia berkata: “Sesungguhnya aku sedang puasa.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

7
. Hendaknya bile kite selesai dari puasa semakin membawa takwa kite kepada Allah, takut dan bersyukur pada-Nye, serta senantiasa istiqamah dalam agama-Nye..

8.
Hendaknya hasil yang baik ini senantiasa mengiringi kite sepanjang tahun fren. Karena buah paling utama dari berpuasa ntu adalah takwa. Allah berfirman:

“agar kamu bertakwa.” (Al-Baqarah: 183).

9. Kite kudu bisa menjaga diri kite dari berbagai syahwat (keinginan) fren, bahkan meskipun ntu halal bagi kite. Hal ntu tujuannye agar puase kite tercapai n mematahkan nafsu kite dari keinginan.


“Jika kamu berpuasa, hendaknya berpuasa pula pendengaranmu, penglihatanmu dan lisanmu dari dusta dan dosa-dosa. Tinggalkan menyakiti tetangga, dan hendaknya kamu senantiasa bersikap tenang pada hari kamu berpuasa, jangan pula kamu jadikan hari berbukamu sama dengan hari kamu berpuasa". (jabir bin abdillah r.a).

10. Hendaknya makanan yang kite dapatkan dari yang halal fren.
Jika kite menahan diri dari yang haram pada
selain bulan Ramadhan maka pada bulan Ramadhan ntu lebih utama. Dan kagak ade gunanye bila kite berpuasa dari yang halal, tetapi kite berbuka dengan yang haram.

11. Di bulan ramadhan ini, kite kudu perbanyak untuk bersedekah n berbuat kebajikan fren.
Dan hendaknya kite lebih baik n lebih banyak berbuat kebajikan pade keluarga kite dibanding pada selain bulan Ramadhan. Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan ketika bulan Ramadhan.

12. Nah yang terakhir ni fren. Kita kudu wajib mengucap
bismillah ketika kite berbuka
seraya berdoa:

“Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, dan atas rezki-Mu aku berbuka.
Ya Allah terimalah daripadaku, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui(43)".

Semoga kite dapat membentuk puase yang sempurna seperti yang kite inginkan ye....
Sory hari ni gw sok nulis ke betawi2 an, padahal aslinye gw bukan betawi. Kagak ade maksud ape-ape2 hanya saja darah indonesia gw mengalir dengan deras ingin merasakan gimane rasanye jadi orang betawi walaupun hanya lewat tulisan doank. Kalo ade tulisan yang salah kudu di maafin ye... ^_^.









0 komentar: