ShoutMix chat widget
THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES
W3LCOM3 TO MY SW33T HOM3...T3NK YU
Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers
Lilypie - Personal pictureLilypie Third Birthday tickers

H4D1ST C3RMIN S4UD4R4

Photobucket

Sabtu, 12 September 2009

keutamaan dan hikmah qiyamul lail

Salam..fren, pakabar semuanya??? Masih semangatkan untuk menjalankan ibadah puasa???? (masih donk!!! ^_^). Alhamdulillah ga terasa ya fren, hari ini udah memasuki 22 ramadhan. Berarti tinggal beberapa saat lagi kita akan berpisah dengan bulan penuh berkah ini :(. Fren-fren sedih ga??? pasti ya??? pasti kita akan merindukan suasana seperti ini lagi. Dan berharap semoga kita dapat bertemu dan melaksanakannya kembali di tahun mendatang ya kan fren??? Mudah2an Allah senantiasa memberi kita kesehatan agar kita bisa kembali merasakan indahnya bulan penuh barokah ini. Aminnnn...


Oia fren, tau ga qiyamul lail??? Qiyamul lail atau yang biasa di sebut sholat malam atau sholat tahajjud adalah salah satu ibadah yang agung dan mulia. Nah biasanya qiyamul lail itu kerap dilakukan pada sepuluh malam terakhir ramadhan fren. Sebenarnya sih ga hanya pada bulan2 ramadhan saja kita melaksanakan qiyamul lail. Tapi di bulan2 biasa juga kita bisa dan malah kudu tetap melaksanakannya. Cuma...??? ayo cuma apa??? Pasti deh jawabannya malas bangunnya atau susah bangunnya ya kan???
Palagi jika malam semakin larut dengan suhu kamar dinginnya ac 18 c yang semakin terasa menggigit kulit hingga ke tulang (bukan tulang ayam dan bukan tulang ikan hihiiihiii), membuat kita enggan mengangkat tubuh ini dari balik selimut dan lebih memilih bersembunyi dibalik hangatnya selimut yang tebal dan terkapar diatas kasur yang empuk. Tentu membuat malas kita bertambah dobel heheheheee...

Ga hanya 1 atau 2 orang yang berujar demikian fren. Termasuk aq terkadang susah bangunnya. Niat dari awal semangat 45, eh..bagun2 udah shubuh. Akhirnya sholat malam berganti jadi sholat shubuh hihihiii.... ^_^

Qiyamul lail merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah saw, bahkan di kuatkan oleh Al-qur'an fren.
Sebagaimana sabda rasulullah saw:

"Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan di mana Allah ta’aala wajibkan berpuasa dan aku sunnahkan kaum muslimin menegakkan (sholat malam). Barangsiapa berpuasa dengan iman dan mengharap ke-Ridhaan Allah ta’aala, maka dosanya keluar seperti hari ibunya melahirkannya." (HR Ahmad 1596).


Malah Rasul SAW mewajibkan qiyamul-lail atas dirinya sendiri, sehingga beliau tidak pernah meninggalkannya, dalam keadaan dan suasana bagaimanapun, termasuk saat beliau sakit, saat dalam perjalanan, bahkan dalam suasana peperangan sekalipun (subhanallah).

Dan perlu diketahui juga fren, bahwa sholat malam diperintahkan Allah ta’aala khusus kepada Rasulullah saw, dalam firmanNya:


“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Israa ayat 79).

Tentu kita sebagai ummat islam dan pengikut nabi tercinta disyariatkan untuk slalu mencontoh pada perbuatan Rasulullah saw.
Para sahabat, tabi’in dan kaum salafush shalih juga rajin mengerjakan qiyamul-lail. Bukan hanya karena qiyamul-lail itu dianjurkan oleh Rasulullah, tetapi karena mereka telah menemukan hikmah, manfaat, keajaiban, dan keagungan pahala yang tidak pernah mereka temukan dalam praktek ibadah manapun.


Adapun keutamaan dan hikmah QIYAMUL LAIL:

- barang siapa menunaikan qiyamul lail, berarti telah menaati perintah Allah dan Rasul-Nya. (al-isra': 79).

-
orang yang membiasakan sholat malam berarti telah membiasakan diri untuk melakukan sholat yang paling utama setelah sholat wajib.

Rasulullah bersabda: "sholat yang paling utama sesudah sholat yang wajib adalah sholat di penghujung malam".

-
sholat malam adalah kebiasaan orang2 sholih dan calon penghuni surga. (al-dzariyat: 15-18).

"Abu Humamah al-Bahili, meriwayatkan dari Rasulullah, beliau bersabda: Tunaikanlah sholat malam. Sesungguhnya sholat malam adalah kebiasaan orang-orang sholih sebelum kalian, mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus dosa kesalahan dan mencegah dari dosa".


-
sholat sunnah yang di perintahkan oleh Rasulullah untuk tidak di tinggalkan.

Rasulullah pernah menasehati Abdullah ibnu umar: "wahai Abdullah janganlah engkau menjadi seperti fulan. Ia bangun malam tetapi ia meninggalkan sholat malam".

- orang yang menunaikan qiyamul lail akan terpelihara dari gangguan syetan. Ia akan bangun di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya. Sebaliknya orang yang meninggalkannya akan bangun di pagi hari dengan keadaan jiwa di lilit kekalutan dan malas beramal sholeh.


- qiyamul lail menjadi penebus dosa anak manusia.


-
dalam waktu dimana mengabulkan doa .

Jabir bin Abdillah berkata: aku mendengar Rasulullah bersabda: "sesungguhnya dalam satu malam terdapat satu waktu. Tidaklah seorang muslim memohon kepada Allah sebuah kebaikkan, baik perkara duniawi, maupun ukhrawi pada waktu tersebut kecuali Allah akan berikan kepadanya. Hal itu terjadi setiap malam".

Kisah nyata yang dialami oleh atuk -q sendiri (atuk=kakek) tentang hikmah qiyamul lail. Semasa hidup, atuk-q hanyalah seorang pegawai biasa di kantor departemen agama aceh. Atuk-q mempunyai 6 anak, disaat anak2nya mulai tumbuh besar. Pasti keinginan untuk menyekolahkan anak2 nya pun terlintas di pikiran atuk-q. Dan tentunya pada saat itu atuk pasti sangat membutuhkan dana yang besar untuk menyekolahkan anak2nya. Meskipun atuk-q bukanlah orang yang kaya yang memiliki uang yang banyak. Namun, atuk-q tidak pernah putus asa. Dengan bantuan sholat malam yang tak pernah lepas, atuk selalu panjatkan doa untuk kesuksesan anak2nya. Dan alhamdulillah doa atuk dikabulkan oleh Allah dengan terbuktinya semua anak2 atuk sukses dan mempunyai kedudukan dan jabatan di pekerjaan masing2.
Luar biasa ya fren keutamaan dari qiyamul lail ini. Walaupun sebelumnya kita harus bersusah payah menghadapi rasa kantuk yang tak pernah bersahabat, ternyata didalamnya (qiyamul lail) tersimpan imbalan yang maha DASYAT (bukan dasyat program rcti yang dipandu olga dkk ya???? ^_^).
Mudah-mudahan kita sebagai hambaNya slalu di beri keutamaan untuk menunaikan qiyamul lail secara istiqomah. Sehingga kita termasuk orang yang dapat merasakan pertolongan dalam qiyamul lail. Amin....

Meskipun awalnya sulit kita tempuh, asal ada tekad dan kemauan yang keras (sekeras baja). Maka kita akan berhasil menuju kesana. Bagaimana fren, are u ready???? Tinggal beberapa malam lagi neh penghujung ramadhan. Tunggu apalagi yuuuuuukkk....kita serang malam2 penghujung ramadhan dengan qiyamul lail...... ^_^.








0 komentar: