ShoutMix chat widget
THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES
W3LCOM3 TO MY SW33T HOM3...T3NK YU
Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers
Lilypie - Personal pictureLilypie Third Birthday tickers

H4D1ST C3RMIN S4UD4R4

Photobucket

Sabtu, 05 September 2009

imsomnia

Salam..pakabar fren??? Sehat semuakan. Alhamdulillah kalo begitu.
Fren, mungkin kamu pernah tau dan sering mendengar istilah "imsomnia" yakan??? Yang mana kita sering mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa merasakan tidur dengan nyenyak.
Imsomnia dapat terjadi pada setiap golongan usia, meskipun begitu angka kejadian imsomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia fren.
Ngomongin masalah imsomnia, jadi teringat ma teman aq fren. Soale teman aq paling sering di datangi ma tamu yang namanya "imsomnia" hehehhee...
Maka na aq jadi pengen nyari artikel yang berhubungan dengan imsomnia. Berharap agar aq bisa membantu teman -q ini untuk mengatasi "imsomnia" nya. Termasuk diri -q juga yang terkadang suka mengalaminya. Meskipun belum sampe pada level yang tinggi hehehehhee.....


Ayo..yo..yo..siapakah diantara kamu2 yang sekarang ni sedang di datangi tamu "imsomnia"??? hehehheehe.....
Atau mungkin juga ada diantara kamu yang belum mengetahui betul mengenai imsomnia dan gejala2nya, yuk kita tengok rame2 tulisan di bawah ini:
- mengeluh kesulitan tidur
- tidur tidak tenang
- kesulitan menahan tidur
- sering terbangun di tengah malam
- sering terbangun lebih awal
- alami gangguan di siang hari : lelah, konsentrasi terganggu, memori terganggu, sakit kepala, mudah marah, dan mengantuk di siang hari.
Kira2 adakah fren-fren pernah mengalami gejalanya seperti tulisan di atas????
Imsomnia memang bukan penyakit yang berbahaya buat kita fren, namun..dengan seringnya kita mengalami imsomnia tidak menutup kemungkinan akan timbul penyakit yang berbahaya akibat imsomnia itu fren. Dan imsomnia juga bukan merupakan penyakit bawaan, dengan demikian masih dapat untuk di sembuhkan.
Memang terkadang sulit untuk menaklukkan yang namanya "imsomnia" ya kan fren?. Meskipun kita telah melakukan cara yang ringanpun untuk mengatasinya. Seperti: mencoba memejamkan mata dan menenangkan pikiran, atau melakukan olahraga kecil di malam hari
sep: mengelilingi rumah (tapi kalo rumahnya kecil, kira2 bisa ga ya??? hehehe), push up, loncat-loncat atau swimming. Namun terkadang tetap aza rasa kantuk tak kunjung datang.
Biasanya imsomnia itu terjadi di sebabkan oleh beberapa hal:
- konsumsi kopi-begadang
- nikotin: dapat menjadi perangsang untuk tetap terjaga sepanjang malam
- kafein: yang termasuk dalam kafein adalah coklat, teh, soda dan bisa juga makanan kaleng atau siap saji
- makanan pedas dan asam: makanan ini akan membuat perut menjadi panas dan nyeri
- penyebab lain: stress atau cemas, depresi, kelainan/penyakit kronis, efek samping obat, kurangnya berolahraga, dan perubahan lingkungan.
Lalu apakah imsomnia bisa di atasi fren??? Tentu saja. Lalu bagaimana caranya??? Mudah fren, cukup kita melakukan beberapa tips untuk mengatasinya:
- Berolah raga teratur.
Menurut pendapat beberapa penelitian bahwa olah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Dan olahraga yang baik di lakukan pada saat pagi hari bukan beberapa menit menjelang tidur. Selain itu, Olah raga juga dapat membantu kesehatan kita menjadi lebih optimal, sehingga tubuh dapat melawan stress dengan lebih baik.
- Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur.
Karena kalo makan makanan yang terlalu banyak bisa menyebabkan perut jadi tidak nyaman, begitu juga dengan minum yang terlalu banyak akan membuat kita sering BAK (buang air kecil). Sudah tentu kedua2 nya akan mengusik tidur nyenyak kita.

- Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman.
Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulkan suara, pastikan kita nyaman dengan suhu ruangan tidur kita. Jauhkan jam meja dari pandangan mata karena benda itu dapat membuat kita cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut
.
- Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat kita terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Karena minuman ini akan menyebabkan kita terjaga.
- Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
- Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh. - Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.
- Gunakanlah tempat tidur khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh kita menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur. - Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain2nya akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah kita untuk tidur.
- Jernihkan pikiran. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran kita. Salah satu caranya adalah menuliskan semua pikiran kita lewat media blog kayak blogger ini ^_^.
- Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur selanjutnya.
Mudah2an bisa bermanfaat buat fren2 yang sering mengalami "imsomnia" ya. Tak terkecuali buat diri -q juga hehehehe...


*nb: - tidur merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi organ yang terganggu. Dan imsomnia lebih sering dijumpai pada wanita dan pada kelompok usia lebih lanjut.






5 komentar:

@n9in mengatakan...

hihihii.makacih banyak atas info-nya ya say.daku ntar kalau sehat,lepas ramadhan mau renang lg.biar kecapekan,terus bs tidur deh

y3s4 mengatakan...

hihihiiihii..nanti renangnya bareng2 ya kayak kemarin2 hehehee....
yang penting dikau sehat aq juga senang ^_*

Hamidz mengatakan...

hee coir.. tulisannya kurang jelas, g contras ama background nya...
visit
Botanix

ganool mengatakan...

mataku jadi jereng-jereng baca tulisannya,,

Kang Ian mengatakan...

sayah suka insomnia mbak..tapi saya bukan karena penyakit karena memang sering begadang he he he. tuntutan pekerjaaan wkwkw ( pekerjaan hansip kali yah ha ha )